.

Sunday, September 18, 2016

Tokoh-tokoh Berpengaruh dalam Dunia Pendidikan dari Luar Negeri

Tokoh-Pendidikan-Dunia

Berkembangnya dunia pendidikan tak luput dari pengaruh tokoh-tokoh yang memiliki pemikiran, ide dan usaha menemukan hal-hal baru yang bermanfaat bagi kemajuan hidup manusia melalui ilmu pengetahuan. Berikut ini adalah beberapa tokoh dunia yang pemikiran dan usahanya sangat mempengaruhi Dunia Pendidikan. 

Al Ghazali

Abu Hamid Muhammad bin Muhammad al Ghazali ath-Thusi asy-Syafi'i atau lebih dikenal dengan Imam Al Ghazali lahir di Thus pada tahun 1058/450 H dan meninggal di Thus tahun 1111/ 14 Jumadil Akhir 505 H. Beliau adalah seorang filosof dan teolog muslim dari Persia, yang di dunia Barat dikenal sebagai Algazel pada abad Pertengahan.

Nama kuniahnya Abu Hamid karena salah seorang anaknya bernama Hamid. Beliau juga bergelar al-Ghazali ath-Thusi berkaitan dengan ayahnya yang bekerja sebagai pemintal bulu kambing dan tempat kelahirannya yaitu Ghazalah di Bandar Thus, Khurasan, Persia. Sedangkan gelar asy-Syafi'i menunjukkan bahwa beliau bermazhab Syafi'i. Imam Al-Ghazali adalah seorang ulama, ahli pikir, ahli filsafat Islam yang terkemuka yang banyak memberi sumbangan bagi perkembangan kemajuan manusia. Beliau pernah menjabat sebagai Naib Kanselor di Madrasah Nizhamiyah, pusat pengajian tinggi di Baghdad. 

Peran Al Ghazali dalam Dunia Pendidikan

Karya-karya Imam Alghazali cukup banyak, di antaranya yang paling terkenal adalah Ihya Ulumudddin (Kitab tasawuf). Selain itu masih banyak lagi karya-karya beliau seperti Kimiya as-Sa'adah (Kimia Kebahagiaan), Misykah al-Anwar (The Nice of Lights), Maqasid al-Falasifah, Tahafut al-Falasilah, al-Musthtasfa min 'Il al-Ushul, Mi'yar al-Ilm (The Standard Measure of Knowledge), al-Qistas al-Mustaqim (The Just Balance), Mihakk al-Nazar fi al-Manthiq (The Touchstone of Proof in Logic)

John Locke

John Locke lahir pada tanggal 29 Agustus 1632 dan meninggal pada tanggal 28 Oktober 1704 pada usia 72 tahun. John Locke adalah seorang filsuf dari Inggris yang menjadi salah satu tokoh utama dari pendekatan empirisme. Selain itu, di dalam bidang filsafat politik, John Locke juga dikenal sebagai filsuf negara liberal. Bersama dengan rekannya, Isaac Newton, Locke dipandang sebagai salah satu figur terpenting di era Pencerahan.

John Locke juga menandai lahirnya era Modern dan juga era pasca-Descartes (post-Cartesian), karena pendekatan Descartes tidak lagi menjadi satu-satunya pendekatan yang dominan di dalam pendekatan filsafat waktu itu. Kemudian Locke juga menekankan pentingnya pendekatan empiris dan juga pentingnya eksperimen-eksperimen di dalam mengembangkan ilmu pengetahuan.

Tulisan-tulisan John Locke tidak hanya berhubungan dengan filsafat saja, tetapi juga tentang pendidikan, ekonomi, teologi, dan medis. Karya-karya Locke yang terpenting adalah "Esai tentang Pemahaman Manusia" (Essay Concerning Human Understanding), "Tulisan-Tulisan tentang Toleransi" (Letters of Toleration), dan "Dua Tulisan tentang Pemerintahan" (Two Treatises of Government}.

Peran John Locke dalam Dunia Pendidikan 

Salah satu pemikiran Locke yang paling berpengaruh di dalam sejarah filsafat adalah mengenai proses manusia mendapatkan pengetahuan. Menurut Locke,seluruh pengetahuan bersumber dari pengalaman manusia. Posisi ini adalah posisi empirisme yang menolak pendapat kaum rasionalis yang mengatakan sumber pengetahuan manusia yang terutama berasal dari rasio atau pikiran manusia. Meskipun demikian, rasio atau pikiran berperan juga di dalam proses manusia memperoleh pengetahuan. Dengan demikian, Locke berpendapat bahwa sebelum seorang manusia mengalami sesuatu, pikiran atau rasio manusia itu belum berfungsi atau masih kosong. Situasi tersebut diibaratkan Locke seperti sebuah kertas putih (tabula rasa) yang kemudian mendapatkan isinya dari pengalaman yang dijalani oleh manusia itu. Rasio manusia hanya berfungsi untuk mengolah pengalaman-pengalaman manusia menjadi pengetahuan sehingga sumber utama pengetahuan menurut Locke adalah pengalaman.

John Dewey

John Dewey adalah seorang filsuf dari Amerika Serikat, yang termasuk Mazhab Pragmatisme. Selain sebagai filsuf, Dewey juga dikenal sebagai kritikus sosial dan pemikir dalam bidang pendidikan.

Dewey dilahirkan di Burlington pada tahun 1859 dan meninggal dunia pada tahun 1952. Setelah menyelesaikan studinya di Baltimore, ia menjadi guru besar dalam bidang filsafat dan kemudian dalam bidang pendidikan pada beberapa universitas. Sepanjang kariernya, John Dewey menghasilkan 40 buku dan 700-an lebih artikel.

Peran John Dewey dalam Dunia Pendidikan

Di dalam bidang pendidikan, ia menganjurkan teori dan metode Learning by Doing (belajar sambil melakukan).  Dalam teori dan metodenya ini, ia berpendapat bahwa untuk mempelajari sesuatu, tidak perlu orang terlalu banyak mempelajari itu. [3] Dalam melakukan apa yang hendak dipelajari itu, dengan sendirinya ia akan menguasai gerakan-gerakan atau perbuatan-perbuatan yang tepat, sehingga ia bisa menguasai hal yang dipelajari itu dengan sempurna. John Dewey mengambil contoh tentang seorang yang akan belajar berenang. Menurutnya, seorang itu tidak perlu diajari macam-macam teori tetapi cukup ia langsung disuruh masuk kolam renang dan mulai berenang, dengan cepat seorang itu akan menguasai kemampuan berenang. 

Ide John Dewey mengenai system pendidikan walaupun cukup populer namun tidak pernah secara luas dipakai dalam praktek pendidikan di Sekolah-sekolah Amerika. Pendidikan Progresif tidak banyak digunakan selama Perang Dingin, ketika perhatian dalam pendidikan menciptakan dan mempertahankan ilmu dan teknologi untuk kepentingan militer. Pasca Perang Dingin, pendidikan progresif muncul kembali dalam di banyak sekolah dan lingkaran teori pendidikan. Dalam perkembangan revolusi cara-cara belajar filsafat Dewey mengenai belajar kini telah dipakai secara luas di seluruh dunia yang mengilhami munculnya pendekatan kontekstual (CTL ) dalam proses pembelajaran.

Ibnu Sina

Ibnu Sina lahir pada tahun 980 di Afsyahnah dekat Bukhara dan meninggal dunia pada bulan Juni 1037 di Hamadan, Persia. Ibnu Sina juga dikenal sebagai Avicenna di Dunia Barat. Beliau adalah seorang filsuf, ilmuwan, dan juga dokter kelahiran Persia. 

Dia adalah pengarang dari 450 buku pada beberapa pokok bahasan besar. Banyak di antaranya memusatkan pada filosofi dan kedokteran. Dia dianggap oleh banyak orang sebagai "bapak kedokteran modern." George Sarton menyebut Ibnu Sina "ilmuwan paling terkenal dari Islam dan salah satu yang paling terkenal pada semua bidang, tempat, dan waktu". Karyanya yang paling terkenal adalah The Book of Healing dan The Canon of Medicine, dikenal juga sebagai sebagai Qanun (judul lengkap: Al-Qanun fi At Tibb).

Sumbangan Ibnu Sina Dalam Dunia Pendidikan 

Dalam ilmu kedokteran, kitab Al-Qanun tulisan Ibnu Sina selama beberapa abad menjadi kitab rujukan utama dan paling otentik. Kitab ini mengupas kaedah-kaedah umum ilmu kedokteran, obat-obatan dan berbagai macam penyakit. Seiring dengan kebangkitan gerakan penerjemahan pada abad ke-12 masehi, kitab Al-Qanun karya Ibnu Sina diterjemahkan ke dalam bahasa Latin. Kini buku tersebut juga sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, Prancis dan Jerman. Al-Qanun adalah kitab kumpulan metode pengobatan purba dan metode pengobatan Islam. Kitab ini pernah menjadi kurikulum pendidikan kedokteran di universitas-universitas Eropa.

Ibnu juga memiliki peran besar dalam mengembangkan berbagai bidang keilmuan. Beliau menerjemahkan karya Aqlides dan menjalankan observatorium untuk ilmu perbintangan. Dalam masalah energi Ibnu Sina memberikan hasil penelitiannya akan masalah ruangan hampa, cahaya dan panas kepada khazanah keilmuan dunia.

Francis Bacon

Sir Francis Bacon lahir pada tanggal 22 Januari 1561 dan meninggal dunia pada tanggal 9 April 1626. Beliau adalah seorang filsuf, negarawan dan penulis Inggris. Beliau dianugerahi gelar ksatria (Sir) pada tahun 1603, diangkat menjadi Baron Verulam pada tahun 1618, dan menjadi Viscount St. Alban pada tahun 1621.

Pada masa akhir hidupnya, Bacon melakukan suatu percobaan untuk mengawetkan makanan dengan menggunakan salju. Akibat percobaan tersebut, ia menderita bronkitis yang kemudian merenggut nyawanya.

Peran Francis Bacon dalam Dunia Pendidikan 

Francis Bacon dikenal sebagai pencetus pemikiran empirisme yang mendasari sains hingga saat ini. Tulisan dan pemikirannya mempengaruhi metodologi sains yang menitikberatkan pada eksperimen yang dikenal juga sebagai "Metode Bacon". 

Bacon menaruh perhatian besar pada metode induksi yang tepat untuk memperoleh kebenaran, berdasarkan pada pengamatan empiris, analisis data, penyimpulan yang terwujud dalam hipotesis, dan verifikasi hipotesis melalui pengamatan dan eksperimen lebih lanjut. Induksi yang bertitik tolak pada eksperimen yang teliti dan telaten terhadap data-data partikuler menggerakkan rasio maju menuju penafsiran atas alam (interpretation natura). 

Cara induksi secara sederhana adalah bermula dari rasio bertitik pangkal pada pengamatan indrawi yang partikuler, lalu maju sampai pada ungkapan-ungkapan yang paling umum guna menurunkan secara deduktis ungkapan-ungkapan yang kurang umum. Agar induksi tidak terjebak pada proses generalisasi yang tergesa-gesa, maka yang perlu dihindari empat penghalang prakonsepsi, empat hal tersebut adalah:
Idola tribus (The Idols of Tribe). Menarik kesimpulan tanpa dasar secukupnya, berhenti pada sebab-sebab yang diperiksa secara dangkal (sebagaimana pada umumnya manusia awam/ tribus).
Idola specus (The Idols of the Cave). Menarik kesimpulan hanya berdasarkan prasangka, prejudice, selera a priori (seperti manusia di dalam gua/ specus).
Idola fori (The Idols of the Market Place). Menarik kesimpulan hanya karena umum berpendapat demikian, atau ikut-ikutaan pandapat umum (opini public/ pasar/ forum).
Idola theatri (The Idols of the Theatre). Menarik kesimpulan berdasarkan kepercayaan dogmatis, mitos dan seterusnya. Karena manganggap dunia adalah panggung sandiwara.

Baca Juga: Tokoh-tokoh Nasional yang Berpengaruh dalam Dunia Pendidikan Pendidikan Indonesia

Johann Fredrich Herbart

Johann Friedrich Herbart lahir di Oldenburg, Jerman, 4 Mei 1776 dan meninggal di Göttingen, Jerman, 14 Agustus 1841 pada usia 65 tahun. Beliau adalah seorang tokoh pendidik raksasa asal Jerman yang ternama dan berpengaruh pada akhir abad 18 dan awal abad 19. 

Peran Johann Fredich Herbart dalam Dunai pendidikan

Pemikiran Herbart yang berkaitan dengan pokok pembahasan ini adalah mengenai akal dan pikiran manusia, menurutnya akal adalah kumpulan gagasan dan pendidik perlu menolong pelajar untuk menambah pengetahuan. Herbart mengutamakan mutlaknya pengetahuan dan pengertian dalam kurikulum, yang mengurangi pentingnya perasaan dan keterampilan jasmani.

George Kerschensteiner

George Kerschensteiner, ia lahir di kota Munchen Germany pada tahun 1855 dan meninggal dunia pada tahun 1932. Beliau adalah seorang pekerja keras dan suka dengan kemandirian oleh karena itu dengan usahanya sendiri ia mampu bersekolah hingga mencapai cita-citanya yaitu menjadi seorang Guru. 

Peran George Kerschensteiner dalam Dunia Pendidikan

Beberapa ide dari George Kerschensteiner antara lain:

  • Mendirikan sekolah kerja [semacam BLKI]
  • Pendidikan untuk warga negara. 


Alasan mengapa harus sekolah kerja menurut Kerschensteiner  antara lain :

  • Di dalam sekolah kerja siswa dapat menjadi aktif.
  • Pekerjaan yang produktif dapat membuat siswa gembira dalam belajar dan bekerja.
  • Didalam bekerja maka siswa akan di pupuk sifat sifat ,rajin,tekun,tertib,hati hati/teliti.
  • Memberikan pembelajaran untuk bertindak melakukan sesuatu[ide ide baru]
  • Dengan mengerjakan langsung dapat memberikan kesan visual motorik yang mendalam.


Pendidikan untuk warganegara :

  • Tugas pendidikan adalah untuk menyiapkan menjadi warganegara yang baik.
  • Pendidikan warganegara berhubungan erat dengan pembentukan watak,moral dan susila.
  • Tugas pendidikan dalam sekolah untuk pembentukan intelektual.


Philip H. Coombs

Philip Hall Coombs lahir pada tahun 1915 di Holyoke meninggal pada 15 Februari 2006 di Chester. Beliau mengajar ekonomi di Williams College dan merupakan direktur program untuk pendidikan di Ford Foundation. 

Peran Philip H. Coombs dalam Dunia Pendidikan

Coombs ditunjuk oleh Presiden John F. Kennedy menjadi Asisten Menteri Negara yang pertama untuk Pendidikan dan Kebudayaan pada bulan Februari 1961. Beliau adalah seorang advokat yang merombak sistem pendidikan. Selama bertugas di bagian ini, Coombs pergi untuk tinggal di Paris, mengorganisir UNESCO Institut Internasional untuk Perencanaan Pendidikan. Kelompok UNESCO ini menyarankan negara pada perbaikan sistem pendidikan mereka. Setelah puas dengan langkah perubahan, Coombs lalu mengundurkan diri dari Departemen Luar Negeri AS pada tahun 1962 dan pada tahun 1963-1968 beliau menjabat sebagai Direktur IIEP, beliau juga pernah menjabat sebagai wakil ketua dan ketua Dewan Internasional Pembangunan Ekonomi sampai tahun 1992. Selama karirnya Coombs juga menulis beberapa buku tentang kebijakan luar negeri dan pendidikan. 

William Stern

William Stern lahir dengan nama asli Wilhelm Louis Stern pada tanggal 29 April 1871 dan meninggal dunia pada tanggal 27 Maret 1938. Beliau adalah seorang psikolog dan filsuf dari Jerman dan tercatat sebagai pelopor dalam bidang psikologi kepribadian dan kecerdasan. Dia adalah penemu konsep intelligence quotient, atau IQ, kemudian digunakan oleh Lewis Terman dan peneliti lain dalam pengembangan pertama tes IQ , berdasarkan karya Alfred Binet. Pada tahun 1897, Stern menemukan variator nada, sebuah penemuan yang membuat Ia mampu meneliti persepsi manusia terhadap suara dengan cara yang belum pernah terjadi sebelumnya. 

Peran William Stern dalam Dunia Pendidikan

Pemikiran pendidikan William Stern bertumpu pada hasil sinestetis dari dua teori sebelumnya, yang selanjutnya dikenal dengan teori Konvergensi, menurut Teori Konvergensi, bahwa bagaimanapun kuatnya yang dinyatakan dalam Teori Emperisme (dipengaruhi pengalaman) dan Nativisme (dipengaruhi lingkungan) namun keduanya kurang realistis. Suatu kenyataan bahwa potensi hereditas yang baik saja tanpa pengaruh lingkungan pendidikan yang positf dan maksimal tidak akan dapat membina kepribadian yang ideal. Lebih tepatnya bahwa Konvergensi ini menyatakan kecerdasan itu bukan hanya dipengaruhi oleh pengalaman saja tapi juga bisa dipengaruhi oleh faktor lingkungan pendidik disekitar. Oleh karena itu, perkembangan kepribadian yang sesungguhnya adalah hasil dari kedua faktor yaitu faktor internal, berupa bawaan sejak lahir, berupa bakat talenta, potensi, kecerdasan intelektual, spiritual, emosional, serta keadaan fisik tertentu; dan faktor eksternal berupa lingkungan pendidikan, masyarakat , perkembangan ilmu pengetahuan, kehidupan beragama, tradisi budaya, peradaban dan nilai-nilai lainnya yang berekembang di masyrakat.

Jean Jacques Rousseau

Jean Jacques Rousseau lahir di Jenewa, Swiss pada tanggal 28 Juni 1712 dan meninggal di Ermenonville, Oise, Perancis pada tanggal 2 Juli 1778 pada usia 66 tahun. Beliau adalah seorang tokoh filosofi besar, penulis dan komposer pada abad pencerahan.  

Banyak pikiran menarik dan orisinal terdapat dalam tulisan-tulisan politik Rousseau. Tetapi yang paling menonjol dari kesemuanya itu adalah gairahnya yang berkobar-kobar terhadap terjelmanya persamaan hak dan derajat, dan perasaan yang membawa bahwa struktur masyarakat yang ada merupakan sesuatu yang tak tertahankan ketidakadilannya. ("Manusia dilahirkan merdeka; dan di mana-mana dia terbelenggu oleh rantai"). Rousseau sendiri tidak menganjurkan tindak kekerasan, tetapi jelas dia menggoda orang lain memilih revolusi kekerasan untuk mencapai perbaikan tingkat demi tingkat. 

Peran Jean Jacques Rousseau dalam Dunia Pendidikan

Pemikiran filosofi Rousseau memengaruhi revolusi Prancis, perkembangan politika modern dan dasar pemikiran edukasi. Beberapa karya Jean Jacques Rousseau sebagai berikut: 

  1. Novel, Emile, atau On Education yang dinilai merupakan karyanya yang terpenting adalah tulisan kunci pada pokok pendidikan kewarganegaraan yang seutuhnya.  
  2. Julie, ou la nouvelle Héloïse adalah novel sentimental tulisannya merupakan karya penting yang mendorong pengembangan era pre-romanticism dan romanticism di bidang tulisan fiksi. 
  3. Dalam bidang autobiografi karya Rousseau adalah: 'Confession', yang menginisiasi bentuk tulisan autobiografi modern, dan Reveries of a Solitary Walker (seiring dengan karya Lessing and Goethe in German dan Richardson and Sterne in English), yang merupakan contoh utama gerakan akhir abad ke 18 "Age of Sensibility", yang memfokus pada masalah subjectivitas dan introspeksi yang mengkarakterisasi era modern.  
  4. Rousseau juga menulis dua drama dan dua opera dan menyumbangkan kontribusi penting dibidang musik sebagai teorist. Pada periode revolusi Prancis.


Rousseau adalah filsafat terpopuler di antara anggota Jacobin Club. Dia dimasukan sebagai pahlawan nasional di Panthéon Paris pada tahun 1794, enam belas tahun setelah kematiannya. 

Demikianlah pembahasan tentang Tokoh-tokoh berpengaruh dalam Dunia Pendidikan dari Luar Negeri. Artikel ini dirangkum dan ditulis ulang dari berbagai sumber online yang memiliki ranking atas, tentunya dengan harapan data yang kami sajikan akurat dan mendekati kebenaran.   

Mohon maaf apabila biografi para tokoh dan perannya pada kemajuan kehidupan hanya kami tuliskan sepotong-sepotong, lebih lengkap tentang para tokoh di atas silahkan mengaksesnya langsung ke beberapa web pustaka di bawah. 

Pustaka: 
https://id.wikipedia.org/wiki/Abu_Hamid_Muhammad_al-Ghazali
http://www.biografiku.com
http://segiempat.com/aneh-unik/sejarah/tokoh-berpengaruh-pendidikan-dunia/
http://www.kompasiana.com/davikurnniawan/sejarah-tokoh-tokoh-pendidikan-di-indonesia-dan-luar-negeri_5500478aa33311e5725105c0
http://fitrivt.blogspot.co.id/2012/11/tokoh-pendidikan-dunia.html
https://blogpenemu.blogspot.co.id/2014/09/francis-bacon-bapak-empirisme.html

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com