.

Thursday, September 22, 2016

Arsip Soal UN IPA SMP/MTs 2015/2016

Assalamu'alaikum

Ketemu lagi dengan Arsip Soal UN, kali ini akan dibagikan Arsip Soal UN IPA SMP/MTs 2015/2016 Full Version. Silahkan disimak, semoga bermanfaat dan dapat menjadi bahan untuk belajar terutama sebagai persiapan Ujian Nasional.

Soal UN IPA SMP/MTs 2015/2016


1. Perhatikan gambar berikut!
UN-IPA-SMP-MTs-2016-1

Sekolah Taruna Bakti mengadakan lomba lari jarak jauh.
Waktu tercepat yang dicapai oleh salah satu siswa untuk menempuh jarak tersebut ditunjukkan oleh stopwatch.

Waktu tempuh siswa tersebut adalah ....
A. 725 sekon
B. 775 sekon
C. 1.475 sekon
D. 1.525 sekon

2. Pada Tabel berikut yang menunjukkan sifat-sifat kayu pada suhu kamar adalah ....
UN-IPA-SMP-MTs-2016-2

3. Di bawah ini disajikan tabel hasil pengukuran massa dan volume dari tiga jenis benda padat:
UN-IPA-SMP-MTs-2016-3
Apabila ketiga benda tersebut dimasukkan ke dalam bejana berisi air yang massa jenisnya 1 g/cm3 maka posisinya adalah ...
UN-IPA-SMP-MTs-2016-4

4. Berikut adalah perubahan warna lakmus dalam lima larutan!
UN-IPA-SMP-MTs-2016-5

Berdasarkan tabel di atas, larutan yang bersifat asam adalah ....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (4)
C. (2) dan (5)
D. (3) dan (4)

5. Di antara gas berikut yang dapat menyebabkan karat pada kaleng adalah ...
A. HIdrogen
B. Oksigen
C. Nitrogen
D. Helium

6. Perhatikan peristiwa berikut!
(1) Perubahan warna cabai muda hijau menjadi merah.
(2) Perkaratan pada pagar besi.
(3) Pembuatan es dalam lemari pendingin.
(4) Penguapan minyak wangi saat tutup botolnya dibuka.

Peristiwa yang mengalami perubahan kimia adalah ....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)

7. Akibat negatif dari penggunaan deterjen terhadap lingkungan adalah ....
A. merusak tangan
B. warna pakaian memudar
C. menyuburkan gulma air
D. menyebabkan hujan asam

8. Perhatikan gejala berikut!
(1) Muka terlihat pucat.
(2) Sikap kurang tanggung jawab.
(3) Berat badan menurun.
(4) Bersikap tertutup dan selalu curiga.

Gejala psikis yang terlihat pada seorang pecandu narkotika adalah ....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (4)
D. (3) dan (4)

9. Perhatikan gambar dan tabel berikut!
UN-IPA-SMP-MTs-2016-6

Berdasarkan ilustrasi percobaan dan data koefisien muai panjang logam, yang menunjukkan batang baja, tembaga, dan aluminium yang benar secara berurutan adalah ....
A. P, Q, R
B. Q, P, R
C. Q, R, P
D. R, Q, P

10. Perhatikan data gerak benda pada tabel berikut:
UN-IPA-SMP-MTs-2016-7

Jenis gerak lurus pada benda A dan benda B secara berturut-turut adalah ....
A. GLBB dipercepat dan GLB
B. GLB dan GLBB diperlambat
C. GLB dan GLBB dipercepat
D. GLBB diperlambat dan GLB

11. Pada gambar di bawah ini pada masing-masing balok bekerja 3 buah gaya. Jika balok-balok tersebut mempunyai massa yang sama, balok yang memiliki percepatan paling besar adalah ....
UN-IPA-SMP-MTs-2016-8

12. Perhatikan gambar!
UN-IPA-SMP-MTs-2016-9
Energi kinetik benda di titik B = 100 J. BIla massa benda 2,5 kg, maka energi kinetik benda saat menyentuh tanah di titik C adalah ....

A. 350 J
B. 250 J
C. 150 J
D. 100 J





13. Kegiatan beberapa anak di bawah ini yang tidak melakukan usaha adalah ....
A. mendorong gerobak bakso sejauh 10 m
B. mendorong mobil mogok sampai bergerak
C. mendorong tembok yang kokoh sampai berkeringat
D. mengayuh sepeda dari rumah sampai sekolah

14. Perhatikan gambar pengungkit berikut!
UN-IPA-SMP-MTs-2016-10

Jika titik tumpu digeser 10 cm mendekati beban, agar tuas tetap seimbang yang harus dilakukan adalah ....
A. kuasa ditambah 120 N
B. beban ditambah 100 N
C. kuasa dikurangi 80 N
D. beban dikurangi 75 N
UN-IPA-SMP-MTs-2016-11
15. Seekor ikan berada pada bak air seperti pada gambar.
Jika massa jenis air 1.000 kg/m3 dan percepatan gravitasi 10 N/kg, tekanan hidrostatis yang diterima ikan adalah ....
A. 6.000 N/m2
B. 8.000 N/m2
C. 10.000 N/m2
D. 14.000 N/m2




16. Manakah pasangan nama benda langit dengan ciri-cirinya yang benar?
UN-IPA-SMP-MTs-2016-12

17. Perhatikan gambar berikut!
UN-IPA-SMP-MTs-2016-13

Jika waktu yang dibutuhkan untuk menempuh jarak A ke B adalah 8 sekon, cepat rambat gelombang tersebut adalah ....
A. 2 m/s
B. 4 m/s
C. 6 m/s
D. 8 m/s

18. Agus memukul kentongan di antara dua tembok yang berhadapan. Bunyi pantul dari tembok pertama terdengar 1,5 sekon sesudah kentongan dipukul, disusul bunyi pantul dari dinding kedua 0,5 sekon sesudah bunyi pantul pertama. Jika cepat rambat bunyi di udara 340 m/s, maka jarak kedua tembok adalah ....
A. 170 m
B. 340 m
C. 425 m
D. 595 m

19. Seseorang dapat membaca dengan jelas pada jarak paling dekat 50 cm. Agar ia dapat membaca dengan jelas pada jarak 30 cm, kekuatan lensa kacamata yang diperlukan adalah ....
A. 1/3 dioptri
B. 2/3 dioptri
C. 3/4 dioptri
D. 4/3 dioptri

20. Terdapat bola konduktor P bermuatan negatif dan empat bola konduktor Q, R, S, T yang tidak diketahui muatannya.
UN-IPA-SMP-MTs-2016-14

Jika didekatkan bola P menarik Q dan menolak S. Sedangkan bola Q menolak R, dan bola S menolak T. Jika bola P didekatkan dengan bola R dan T maka gaya yang akan dilalui berturut-turut adalah ....
A. tarik menarik dan tarik menarik
B. tolak menolak dan tolak menolak
C. tolak menolak dan tarik menarik
D. tarik menarik dan tolak menolak
UN-IPA-SMP-MTs-2016-15
21. Perhatikan gambar rangkaian listrik berikut ini!
Jika sumber tegangan mempunyai beda potensial 24 volt, kuat arus pada titik cabang I adalah ....
A. 1,2 A
B. 2,0 A
C. 2,4 A
D. 3,0 A



22. Sebuah keluarga menggunakan energi listrik dalam sebulan (30 hari) untuk alat-alat seperti pada tabel berikut!
UN-IPA-SMP-MTs-2016-16














23. Gambar yang tepat jika magnet jarum didekatkan pada dua magnet batang adalah ....
UN-IPA-SMP-MTs-2016-17

24. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Pisang bertunas.
(2) Ikan berenang dengan sirip.
(3) Daun jagung menggulung pada saat cuaca panas.

Ciri makhluk hidup yang ditunjukkan oleh pernyataan 1, 2, dan 3 secara berurutan adalah ....
A. bergerak, berkembag biak, dan beradaptasi
B. berkembang biak, beradaptasi, dan bergerak
C. berkembang biak, bergerak, dan beradaptasi
D. beradaptasi, berkembang biak, dan bergerak

25. Perhatikan kunci dikotomi berikut!
1.a. Berspora ....................................    2
   b. TIdak berspora ..........................    2
2.a Tumbuhan berpembuluh ............    3
   b. Tumbuhan tidak berpembuluh ..    Paku/lumut
3.a. Biji tertutup ................................   4
   b. Biji terbuka ................................   Gymnospermae
4.a. Berkeping dua ...........................    Dikotil
   b. Berkeping satu ..........................    Monokotil

Urutan identifikasi untuk tanaman kacang kedelai sesuai kunci dikotomi di atas adalah ....
A. 1a, 2a, 3a, 4a
B. 1a, 2b, 3a, 4b
C. 1b, 2a, 3b, 4b
D. 1b, 2a, 3a, 4a

26. Perhatikan gambar berikut!
UN-IPA-SMP-MTs-2016-18

Kelompok hewan bertubuh lunak ditunjukkan oleh nomor ...
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 3 dan 4

27. Perhatikan jaring-jaring makanan pada ekosistem di sawah berikut ini!
UN-IPA-SMP-MTs-2016-19

Jika populasi itik menurun karena diserang wabah penyakit, perubahan yang terjadi pada ekosistem sawah tersebut adalah ....
A. populasi musang meningkat
B. populasi ular meningkat
C. populasi keong mas meningkat
D. populasi elang meningkat

28. Perhatikan grafik pertumbuhan pendudik di Kota Aleksia di bawah ini!
UN-IPA-SMP-MTs-2016-20

Dari grafik tersebut dapat dilihat peningkatan jumlah penduduk setiap lima tahun. Apabila keadaan pertumbuhan penduduk ini terus berlanjut di tahun-tahun berikutnya, akibat yang mungkin terjadi terhadap lingkungannya adalah ....
A. tersedianya lahan pertanian yang luas
B. tersedianya tenaga kerja yang berlimpah
C. ketersediaan air bersih semakin menurun
D. pelayanan kesehatan semakin meningkat

29. Tingginya jumlah kendaraan bermotor di jalan raya pada saat ini mengakibatkan pencemaran udara. Upaya paling tepat dilakukan untuk mengatasinya adalah ....
A. mengalihfungsikan lahan kosong menjadi hutan kota
B. mengurangi jumlah kendaraan bermotor
C. menggantikan bahan bakar fosil dengan alternatif lain
D. menggantikan kendaraan bermotor dengan sepeda

30. Perhatikan gambar!
UN-IPA-SMP-MTs-2016-21Gerakan persendian pada bagian yang ditunjuk adalah ....
A. satu arah
B. dua arah
C. berputar
D. ke segala arah



31. Perhatikan tabel enzim pencernaan di bawah ini!
UN-IPA-SMP-MTs-2016-22

Hubungan yang tepat antara enzim dan fungsinya pada tabel di atas ditunjukkan oleh nomor ....
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 3 dan 4

32. Perhatikan macam-macam gangguan pada sistem pernapasan di bawah ini!
1. Kontraksi yagn kaku dari bronkiolus.
2. Peradangan pada cabang batang tenggorokan.
3. Infeksi virus, bakteri, dan organisme menyerupai Mycoplasma sp.
4. Kerusakan sel-sel paru-paru sehingga paru-paru mengecil.

Gangguan yang menyebabkan terjadinya bronkitis adalah ....
A. 1 dan 3
B. 1 dan 4
C. 2 dan 3
D. 2 dam 4

33. Pembuluh balik (vena) mempunyai ciri sebagai berikut ....
A. denyut tidak terasa, dinding tipis tidak elastis, darah mengalir dari seluruh tubuh menuju ke jantung
B. denyut tidak terasa, dinding tipis elastis, darah mengalir dari seluruh tubuh menuju ke jantung
C. denyut tidak terasa, dinding tipis tidak elastis, darah mengalir dari jantung ke seluruh tubuh
D. denyut terasa, dinding tipis tidak elastis, darah mengalir dari jantung ke seluruh tubuh


UN-IPA-SMP-MTs-2016-2334. Perhatikan gambar nefron berikut ini!
Bagian z berfungsi untuk proses ....
A. penyaringan zat-zat yang menghasilkan urin primer
B. penambahan zat-zat yang tidak dibutuhkan
C. penyerapan zat-zat yang masih diperlukan tubuh
D. pembentukan urin filtrat glomerulus



35. Perhatikan gambar alat reproduksi wanita berikut ini!
Organ Z dan fungsinya adalah ....
UN-IPA-SMP-MTs-2016-25UN-IPA-SMP-MTs-2016-24

UN-IPA-SMP-MTs-2016-2636. Perhatikan gambar penampang melintang batang dikotil berikut!
Bagian Z dan fungsinya adalah ....
A. xilem yang berfungsi untuk mengangkut air dan zat hara (mineral) dari akar ke daun
B. floem yang berfungsi mangangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tumbuhan
C. kambium yang berfungsi membantu pertumbuhan sekunder (membesar) batang
D. korteks untuk menyimpan cadangan makanan pada batang

37. Perhatikan gambar percobaan barikut!
UN-IPA-SMP-MTs-2016-27

Berdasarkan rancangan percobaan di atas diperoleh data hasil pengamatan pada tabel berikut:
UN-IPA-SMP-MTs-2016-28

Keterangan += sedikit
                   ++= sedang
                   +++= banyak
Berdasarkan hasil percobaan tersebut, faktor apakah yang mempengaruhi proses fotosintesis?
A. Hydrilla dan NaHCO3.
B. Hidrilla dan air.
C. Cahaya dan jenis tumbuhan.
D. Cahaya dan CO2

38. Beberapa makhluk hidup, terutama hewan tingkat rendah seperti tampak pada gambar dapat bertahan hidup dengan melakukan reproduksi secara sederhana.
UN-IPA-SMP-MTs-2016-29

Hewan tingkat rendah yang berkembang biak dengan cara konjugasi adalah ....
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 2 dan 4
D. 3 dan 4

39. Perhatikan persilangan tanaman padi berikut!

UN-IPA-SMP-MTs-2016-30

B = gen bulir besar                 T = gen batang tinggi
b = gen bulir kecil                   t = gen batang pendek

Genotip F2 yang dapat digunakan sebagai bibit unggul (padi berbulir besar dan gen berbatang pendek) adalah ....
A. BBTt
B. BBtt
C. BbTt
D. Bbtt

40. Teknik perkembangbiakan pada tumbuhan dikembangkan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas tanaman. Seorang petani ingin memperbanyak tanaman mangga karena di kebunnya tanaman mangganya sudah tua. Dia memerlukan banyak bibit dalam waktu yang cepat. Teknik apakah yang paling tepat dipilih oleh dia?
A. Mencangkok dari tanaman yang sudah ada supaya hasilnya banyak.
B. Menstek supaya tanaman yang dihasilkan cepat berbuah.
C. Kultur jaringan karena sifat tanaman mangga yang dihasilkan sama dengan induknya.
D. Teknik hibridisasi supaya dihasilkan tanaman yang sesuai dengan yang diharapkan.

Ditulis ulang dari : Naskah Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2015/2016, Utama, SMP/MTs, IPA. @Hak Cipta pada Pusat Penelitian Pendidikan-BALITBANG-KEMDIKBUD

Download Juga file PDF Arsip Soal UN IPA SMP/MTs 2015/2016

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com