Baiklah langsung saja mari kita simak bersama-sama dan mudah-mudahan dapat memberikan manfaat kepada rekan-rekan sekalian sebagai bahan belajar.
Soal UN Bahasa Indonesia SMP/MTs 2015/2016 (Bag. 1)
1. Bacalah paragraf berikut!
Penyakit gigi pada anak dapat berdampak pada kesehatan masa depannya. salah satunya adalah struktur gigi yang tak benar karena kerusakan gigi terutama pada gigi susu. sementara itu, sakit gigi karena gigi berlubang dapat mengganggu aktivitas belajar sehingga prestasi mereka pun menurun.
Gagasan utama paragraf tersebut adalah ....
A. Dampak penyakit gigi pada kesehatan.
B. Kerusakan gigi berlubang mengganggu aktivitas belajar.
C. Sakit gigi berlubang dianggap hal sepele.
D. Gigi susu berlubang menjadikan struktur gigi jelek.
2. Bacalah teks berikut!
(1) Tanaman hias umumnya ditanam di luar ruangan. (2) Namun, ternyata ada juga tanaman hias yang ditanam di dalam ruangan. (3) Bukan sekedar sebagai penghias, beberapa tumbuhan dalam ruangan ternyata mampu membersihkan udara. (4) Tanaman hias tersebut mampu menyerap polutan dan gas-gas berbahaya.
Kalimat utama teks tersebut pada kalimat nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
3. Bacalah teks berikut!
Bung Hatta adalah seorang pahlawan yang memperjuangkan kemerdekaan dan kemajuan Indonesia. Sosok Bung Hatta begitu dekat dengan hati rakyat Indonesia karena perjuangan dan sifatnya yang begitu merakyat. Beliau pernah mendapatkan kesempatan belajar di Belanda. Sebelumnya, beliau menjadi Ketua Jong Sumatra (1918 - 1921).
Hal yang patut diteladani dari Bung Hatta adalah ....
A. mendapatkan kesempatan belajar di Belanda
B. memperjuangkan kemerdekaan Indonesia
c. menjadi Ketua Jong Sumatra
D. sifat yang begitu merakyat
4. Bacalah teks berikut!
Ismail Marzuki adalah sastrawan dan budayawan terkemuka Indonesia, sekaligus komposer besar Indonesia. Tahun 2004, dia dinobatkan menjadi Pahlawan Nasional Indonesia. Ismail Marzuki adalah putra Betawi asli dengan panggilan akrab Maing. Ia menjadi maestro musik Indonesia, sekaligus sebagai komponis pejuang legendaris. Lagu-lagu ciptaanya terkenal dan mampu menggugah semangat juang dan jiwa nasionalisme Indonesia.
Keistimewaan tokok pada teks tersebut adalah ....
A. sastrawan dan budayawan terkemuka
B. seorang pahlawan nasional Indonesia
C. pencipta lagu perjuangan dari Indonesia
D. seorang maestro musik dan komponis pejuang
5. Perhatikan bacaan berikut dengan seksama!
Penambahan lahan sudah disadari menjadi kendala dalam pengembangan berbagai sektor. Bertambahnya permintaan lahan dipengaruh oleh bertambahnya jumlah penduduk. selain itu, meningkatnya kesejahteraan penduduk membutuhkan pengembangan pemukiman untuk tempat tinggal dan pengembangan industri untuk mencukupi kebutuhan hidup.
Simpulan isi paragraf tersebut adalah ....
A. Sektor industri tidak berkembang karena ketidaksiapan infra struktur.
B. Pembangunan kawasan industri membantu pembangunan infra struktur.
C. Dibutuhkan lahan untuk mencapai kesejahteraan pangan.
D. Penambahan lahan dipengaruhi oleh jumlah penduduk dan tingkat kesejahteraan.
6. Bacalah teks berikut!
Tim Nasional U-19 dijadwalkan menggelar pemusatan latihan di Eropa. Ternyata, ada beberapa menu wajib yang dibawa oleh Evan Dimas dan kawan-kawan ke salah satu negara benua biru tersebut. Kecap jadi 'barang' yang wajib dibawa. Kecap sebagai penyedap makanan aman untuk dikonsumsi Timnas U-19.
Pernyataan yang sesuai dengan teks tersebut adalah ....
A. Jadwal Pemusatan Latihan Timnas U-19 di Indonesia.
B. Persiapan yang dibawa Evan Dimas dan kawan-kawan.
C. Kecap adalah makanan kesukaan seluruh Timnas U-19.
D. Tim Nasional Indonesia U-19 dijadwalkan latihan di Eropa.
7. Bacalah kedua teks berikut!
Teks I
Minggu dini hari, gempa berkekuatan 6,0 SR melanda California. Gempa ini menyebabkan tiga orang terluka. Paginya korban dapat dievakuasi. Siang hari bantuan tiba di lokasi. Hingga malam penanganan korban terus dilakukan.
Teks II
Kota Johannesburg, Afrika Selatan, diguncang gempa dengan kekuatan 5,3 SR. Pusat gempa berada di Kota Orkney yang berjarak 170 kilometer dari Johannesburg. Sebuah gedung kosong runtuh dan menimpa korban.
Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah ....
A. Teks I, urutan peristiwa. Teks II, urutan waktu
B. Teks I, urutan umum-khusus. Teks II, urutan khusus-umum
C. Teks I, urutan waktu. Teks II, urutan tempat
D. Teks I, urutan sebab akibat. Teks II, urutan akibat-sebab
8. Bacalah teks berikut!
Kebersihan lingkungan sekolah adalah hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sekolah. Dengan kebersihan lingkungan, warga sekolah menjadi nyaman. Kenyamanan mereka menjadi faktor penunjang keberhasilan belajar bagi siswa. Dengan kenyamanan itu pula, para guru lancar menjalankan tugasnya.
Kebersihan lingkungan sekolah juga mendukung kesehatan warga sekolah. Dengan lingkungan yang bersih, sekolah terbebas dari berbagai penyakit. Penyakit berat maupun ringan tidak akan menyerang warga sekolah.
Ringkasan teks tersebut adalah ....
A. Kebersihan lingkungan sekolah membuat warga sekolah menjadi nyaman dan sehat.
B. Kebersihan lingkungan tidak terpisahkan dengan kesehatan warga sekolah yang nyaman.
C. Kebersihan lingkungan sekolah mendukung keberhasilan dan kesehatan seluruh warga sekolah.
D. Kebersihan lingkungan sekolah akan menjadi penjamin kesehatan dan kebersihan warga sekolah.
9. Bacalah teks berikut!
(1) Dampak yang dihasilkan oleh sampah sangatlah banyak. (2) Sampah dapat menyebabkan lingkungan menjadi kotor. (3) Selain itu, sampah dapat menjadi sumber penyakit. (4) Kita menginginkan kesejahteraan. (5) Oleh karena itu, sampah seharusnya diolah menjadi kompos.
Perbaikan paragraf yang tidak padu tersebut adalah ....
A. menghilangkan kalimat (4)
B. menghilangkan kalimat (5)
C. mengganti diolah menjadi dikemas
D. mengganti selain itu dengan kecuali itu
10. Bacalah teks berikut!
(1) Hari Kemerdekaan ki-70 RI diperingati di pelosok-pelosok Nusantara. (2) Berbagai kegiatan diadakan, seperti panjat pinang. (3) Mereka menganggap kegiatan tersebut menumbuhkan sikap cinta tanah air. (4) Namun, ada yang menganggap bahwa kegiatan itu boros karena menghabiskan banyak uang.
Kalimat yang menyatakan mendukung persoalan terdapat pada nomor....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
11. Bacalah teks berikut!
(1) Buku berjudul Tidur Berbantal Koran merupakan autobiografi pengarangnya, yaitu N. Mursidi. Semua pengalaman N. Mursidi mulai menjadi penjaja koran hingga menjadi penulis dan wartawan ibu kota disajikan dengan gamblang dalam autobiografi. (2) Penyajian sampul buku ini cukup menarik. Penyajian tulisan mengalir dan diselingi cerita-cerita pengalaman menarik dan lucu. Bahasa yang digunakan pun mudah dicerna. (3) Satu-satunya kritik terhadap buku ini adalah pada label yang diberikan penerbit. Di sampul buku ini tepatnya di atas nama penulisnya tertera tulisan "Sebuah novel", padahal pada bagian pendahuluan disebutkan autobiografi. (4) Singkatnya, lewat autobiografi yang tersaji ini akan mendorong pembaca untuk tidak menyerah dalam menggapai mimpi walau seribu kesulitan dan tantangan menghadang.
Pernyataan berupa keunggulan terdapat pada kalimat nomor....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
12. Bacalah teks berikut!
(1) Secara umum, saya sebagai penanggap sepakat dengan alasan yang mengatakan bahwa game online memiliki dampak negatif. (2) Akan tetapi, alasan-alasan tersebut perlu dikaji secara akademis. (3) Banyak juga dampak positif yang diterima olah anak dan lingkungannya jika meraka bermain game online secara proporsional dan bertanggung jawab. (4) Untuk itu, para orang tua dalam memberikan arahan dan bimbingan tentang kewajiban belajar dan kesadaran pemenuhan hobi harus mempertimbangkan porsi masing-masing. (5) Penggunaan internet secara sehat sangat penting dan diperlukan. (6) Penyaluran hobi yang positif perlu terus didukung.
Kalimat yang menyatakan persetujuan terdapat pada kalimat nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (4)
D. (6)
13. Bacalah kalimat berikut!
Gambar itu menggunakan warna dasar putih kebiru-biruan. Makna kata dasar pada kalimat tersebut adalah ....
A. tanah di bagian bawah
B. latar yang menjadi alas
C. bagian yang paling bawah
D. landasan yang paling utama
14. Perhatikan data berikut!
Judul buku : Buku Praktis Bahasa Indonesia
Penulis : Dendi Sugono
Penerbit : Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional
Cetakan : Agustus 2000
Tebal : 193 halaman
Keunggulan : Bahasa mudah dipahami dan banyak memuat kosakata untuk menambah pengetahuan
Kelemahan ; Penampilan sampul buku kurang menarik karena warnanya suram
Paragraf yang tepat berdasarkan data tersebut adalah ....
A. Buku Praktis Bahasa Indonesia karya Dendi Sugono yang terbit pada Agustus 2000 oleh Pusat Bahasa Depertemen Pendidikan Nasional disampaikan dengan bahasa yang mudah dipahami. Buku setebal 193 halaman itu banyak memuat kosakata untuk menambah wawasan pengetahuan. Pembaca bisa menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar walaupun terlihat suram dari segi warna sampulnya.
B. Buku Praktis Bahasa Indonesia pantas dibaca oleh semua kalangan karena banyak kosa kata dari bahasa asing yang bisa digunakan oleh masyarakat di tempat-tempat pertemuan resmi. Karena penggunaan bahasa asing diperlukan di era globalisasi, buku ini menjadi pendampingnya.
C. Buku Praktis Bahasa Indonesia membahas tentang penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Tata cara penggunaan bahasa Indonesia serta ejaan dan pilihan kata dimuat dalam buku ini. Hampir tidak ada cela dalam buku ini.
D. Buku Praktis Bahasa Indonesia mencerminkan khasanah penggunaan bahasa secara praktis. Dengan membaca buku ini diharapkan pembaca dapat menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
15. Bacalah kutipan cerita anak berikut!
Hati Sandra merasa sangat sebal kepada Winda karena ulah Winda yang sangat menjengkelkan. Namun, hatinya juga selalu bertanya-tanya tentang mengapa tidak memaafkannya saja dan mengapa harus terus sebal kepada teman sendiri?
Ketika Sandra mendengar Winda tidak masuk sekolah karena sakit, hatinya memutuskan untuk segera menengok Winda dan menyudahi kekesalannya kepada Winda serta memaafkannya.
Amanat kutipan cerita tersebut yang tepat adalah ....
A. Bekerjalah dengan arif dan bijaksana!
B. Jangan iri pada orang lain yang sukses!
C. Berbuatlah kebaikan kepada siapa pun dan di manapun!
D. Maafkanlah kesalahan orang lain agar hati tidak merasa kesal!
16. Bacalah kutipan cerita berikut!
"Maaf Bu!" pintaku santun kepada Bu Laras. "Saya mengantuk, Bu".
"Tidak apa-apa, Sab. Silahkan cuci muka kalau kau mengantuk, Sab!
Serentak seisi kelas menertawakanku dan membuatku malu serta kesal pada diriku sendiri. Leherku terasa sakit karena menahan tangis kekesalanku.
"Sudah-sudah! Anak-anak mengantuk itu manusiawi. Suatu saat kalian bisa saja mengantuk." Nasihat Bu Laras dengan lembut dan tenang.
Konflik kutipan novel tersebut adalah ....
A. Permintaan maaf Sab kepada Bu Laras.
B. Bu laras mempersilahkan Sab mencuci muka
C. Sab kesal ditertawakan seisi kelas.
D. Bu Laras menghibur Sab yang kesal.
17. Bacalah teks berikut!
Sepulang sekolah, dia mengikuti jejak temannya mengantar koran harian sore. Seperti saat itu, Memed mengambil koran harian sore dan mengantarkan ke rumah para pelanggannya.
Selesai mengantar koran sore, Memed langsung pulang. Namun, sebelum sampai di rumah, hujan turun dengan deras. Dia berteduh di emperan toko. Saat itu ia melihat ada anak yang tergelincir dan masuk ke selokan. Memed menolong anak itu dan membawa ke rumah sakit.
"Siapa namamu?" tanya Memed.
"Namaku Doni," jawab anak itu.
Sesampainya di rumah sakit, Memet membawa Doni ke ruang gawat darurat.
Tindakan terpuji tokoh Memed adalah ....
A. mengantar koran langsung pulang
B. mengantar koran ke para pelanggannya
C. berteduh di emperan toko karena hujan deras
D. menolong anak yang tergelincir dan masuk selokan
18. Bacalah teks berikut!
Kura-kura berhasil melewati garis akhir yang telah ditentukan bersama. Semua hewan yang melihat memberi ucapan selamat atas kemenangannya. Sementara itu, tupai yang sombong itu masih tertinggal jauh di belakang. Kura-kura hanya tersenyum. Dia merasa tidak ada yang istimewa.
Tokoh kura-kura pada kutipan cerita tersebut merupakan simbol dari sifat ....
A. Orang yang sederhana, tapi sebenarnya pemalas.
B. Orang yang suka sombong dan acuh tak acuh.
C. Orang yang suka berbuat jahat dan jahil pada orang lain.
D. Orang yang sederhana dan tidak mau membanggakan diri.
19. Perhatikan kutipan cerita berikut!
Bibirku tak sanggup lagi untuk berbicara sepatah kata pun. Langsung kunonaktifkan hp ku. Dan kulempar jauh dariku. Aku benar-benar tidak pernah menduga bahwa dia akan pindah. Kabar ini sungguh membuatku kehilangan tulang-tulang rangka yang menopang tubuhku. Badanku terasa sangat lemah dan kau hanya bisa tertunduk lemas sambil menggigit guling yang ada di genggamanku.
Latar kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. tempat duduk
B. tengah rumah
C. kamar tidur
D. kursi beranda
20. Bacalah teks berikut!
(1) "Ma, perutku sakit sekali. Sebelah sini, Ma". Aku menunjuk bagian lambung.
(2) Mama tampak lebih khawatir lagi karena takut terjadi apa-apa padaku. Mama lalu mengajakku ke dokter. (3) "Tapi, Ma, hari ini, kan aku ada ulangan bahasa Indonesia jaum pertama. (4) "Nanti, ulangan susulan saja. Kalau tidak diobati sekarang, nanti makin parah. (5) Kalau kamu masuk rumah sakit saat ulangan umum minggu depan, bagaimana?" bujuk Mama.
Kalimat yang membuktikan tokoh mama penyayang adalah ....
A. (4)
B. (3)
C. (2)
D. (1)
21. Bacalah teks cerita berikut!
Berbagai pikiran buruk menghantui kepala yang penat dan tubuh yang lelah. Kemanakah engkau gadis kecil? Mungkinkah anak gedongan itu telah tewas? Parameter pencarian demikian luas. Flo bisa saja tidak menuruni lereng menuju ke lembah melainkan naik terus ke puncak atau berjalan berputar-putar mengelilingi lereng, tersesat dalam fatamorgana sampai habis tenaganya.
Simpulan akibat dari konflik tersebut adalah ....
A. Pencarian terhadap tokoh belum berhasil ditemukan.
B. Pencarian tokoh dilakukan di lereng dan di lembah.
C. Pencarian terhadap tokoh dihentikan karena lelah.
D. Pencarian terhadap tokoh dihentikan karena tokoh tewas.
22. Bacalah dua teks berikut!
Teks I
Dodo adalah anak lebah yang telah ditinggal mati ibunya. Ia memutuskan untuk mengembara hingga ia sampai di gurun pasir yang luas. Di tengah gurun itu, Dodo merasa haus dan lapar. Ia berpikir di mana dapat menemukan makanan.
Dodo bersikeras untuk mendapatkan makanan. Ia terbang ke sana ke mari mengitari guru pasir. Dari kejauhan, Dodo melihat air dan makanan. Namun, setelah didekati ternyata hanya hamparan pasir yang luas. Kemudian, Dodo terbang kembali sampai dia mendapatkan makanan.
Teks II
Di tembok rumah yang indah terdapat beberapa ekor cicak. Salah satunya si cicak buruk rupa. Ia tidak memiliki banyak teman. Cicak buruk rupa selalu diejek temannya dan mereka tidak ada yang mau berteman dengannya.
Suatu malam, cicak buruk rupa bertemu dengan nyamuk. Lalu, nyamuk menasehati cicak buruk rupa bahwa setiap makhluk pasti memiliki kekurangan dan kelebihan. Perkataan nyamuk ini dapat membuat hati cicak menjadi tenang.
Perbedaan nilai moral yang terdapat pada kedua teks tersebut adalah ....
A. Teks I, Kita harus mensyukuri karunia dari Tuhan. Teks II, Kita tidak boleh mengejek teman.
B. Teks I, Kita harus selalu berusaha untuk mendapatkan sesuatu. Teks II, kita harus mensyukuri karunia dari Tuhan.
C. Teks I, Kita tidak boleh menyombongkan kelebihan yang kita miliki. Teks II, Kita tidak boleh menyerah pada nasib.
D. Teks I, Kita tidak boleh mementingkan diri sendiri. Teks II, Kita harus menghibur teman yang mengalami kesusahan.
23. Bacalah teks berikut!
Dian dan Dani sedang terlibat perbincangan yang serius di kantin. "Proposal kegiatan sosial kemarin disimpan siapa ya?" tanya Dani. Dian yang ditanya mengatakan tidak tahu. Mendengar jawaban itu, Dani semakin emosi. "Kamu kan sekretaris OSIS. Ini kan tugasmu," kata Dani dengan suara keras.
Watak tokoh Dian adalah ....
A. tak acuh
B. peduli
C. tegas
D. sabar
24. Bacalah teks cerpen berikut!
Sesampainya di rumah, Pak Salim terus tidur, berpura-pura sakit. Ketika ditanya olah istrinya, ia tidak mau menjawab. Istrinya makin ketakutan. Dibuatnya jagung rebus beberapa buah. Lepas siang hari Pak Salim berkata, "Besok saya mau berjualan buah-buahan dan sayuran seperti biasa, tidak mau berkerja lagi. Tuhan tidak adil, mengapa orang lain senang dan bahagia, sedang saya tidak," "Jangan begitu, Pak! Siapa menyuruh engkau bekerja lagi. Jangan menyalahkan Tuhan, itu salahmu sendiri" jawab istrinya.
Nilai moral yang terdapat pada teks cerpen tersebut adalah ....
A. Jika ditanya seseorang tidak menjawab.
B. Kita tidak boleh bohong dengan berpura-pura sakit.
C. Istri yang tidak mau merawat suaminya yang sakit.
D. Kita tidak boleh menyalahkan orang lain apalagi suami sendiri.
25. Bacalah kedua teks berikut!
Teks I
Boma, ya, Boma, lelaki cacat itu sudah lama menjadi ciri di terminal kami. Dialah peminta-peminta permanen yang pemarah dan sombong. Dia tak segan memaki bila kesal tak dapat uang.
"Kodir! Aku haus!" teriknya. Karuan saja, Kodir sedang asyik menggoda tukang pecel dekat toilet umum.
"Kodir!" teriaknya lagi.
Teks II
"Ampun, Pak!" Sukino merunduk-runduk sambil mengangkat tangan tanda menyerah saat beberapa lelaki kekar berjaket hitam menyerbu ke dalam gudang.
"Angkat tangan!" seru salah seorang yang baru masuk dengan paksa sambil mengacungkan senjata.
"Saya tidak ikut-ikutan, Pak!" Sukino lagi.
"Diam!!" bentak seorang lelaki berjaket hitam.
Perbedaan pola pengembangan kedua kutipan teks tersebut adalah ....
A. Teks I, dimulai dengan pengenalan. Teks II, dimulai dengan latar cerita
B. Teks I, dimulai dengan pengenalan tokoh.Teks II, dimulai dengan aksi
C. Teks I, dimulai dengan aksi. Teks II, dimulai dengan pengenalan tokoh
D. Teks I, dimulai dengan latar cerita. Teks II, dimulai dengan latar suasana
Ditulis ulang dari : Naskah Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2015/2016, Utama, SMP/MTs, Bahasa Indonesia @Hak Cipta pada Pusat Penelitian Pendidikan-BALITBANG-KEMDIKBUD
Untuk nomor 26 s.d 50 silahkan klik Arsip Soal UN Bahasa Indonesia SMP/MTs 2015/2016 Bagian 2
Unduh juga File PDF Arsip Soal UN Bahasa Indonesia SMP/MTs 2015/2016 Lengkap 50 Soal
0 komentar:
Post a Comment