.

Saturday, October 15, 2016

Rencana Kegiatan dan Anggaran Madrasah (RKAM)

Rencana Kegiatan dan Anggaran Madrasah yang lebih dikenal dengan RKAM adalah merupakan hal penting dalam tahap pengelolaan keuangan madrasah, dimana sebuah pengelolaan keuangan akan dapat berjalan dengan baik apabila mempunyai dasar perencanaan yang baik pula. Akhir-akhir ini RKAM juga merupakan salah satu syarat diterimanya usulan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di lingkungan Kemenag RI. 

Isi dari RKAM tentulah berbeda-beda pada tiap daerah, bahkan mungkin lain madrasah lain pula bentuk RKAM yang dibuat. Pada postingan ini akan dishare RKAM yang telah dibuat oleh salah satu Madrasah dan telah melalui proses ACC oleh Kelompok Kerja Pengawas (Pokjawas) ataupun pihak yang telah diberi kewenangan untuk mengelola penyaluran dana BOS di tingkat Kabupaten/Kota. 

Berikut RKAM secara lengkap, silahkan disimak dan jika berkenan telah disediakan juga file-file RKAM dimaksud untuk diunduh dan diedit sesuai dengan keinginan rekan-rekan bendahara sekalian. File-file tersebut dibagikan secara gratis tanpa syarat apapun dan perlu juga diketahui sebelumnya bahwa RKAM ini dibuat dengan menggunakan Microsoft Word dan Microsoft Excel 2010 yang pengaturan halamannya disetting untuk dicetak menggunakan kertas F4 atau folio sebagaimana dimaklumi bahwa untuk penggunaan kertas di instansi perkantoran baik Pemerintah ataupun swasta rata-rata menggunakan kertas A4 atau F4. 


Rencana Kegiatan dan Anggaran Madrasah (RKAM) 

Rencana-Kegiatan-Anggaran-Madrasah-RKAM

Cover 
Cover atau halaman sampul pada RKAM ini berupa file dengan ekstensi docx. atau Microsoft Word. Anda hanya cukup mengganti data dan logo yang telah ada dengan data dan logo dari madrasah Anda. 

Unduh Cover RKAM


Surat Pengantar RKAM

Pengantar RKAM adalah surat yang berisi penyampaian RKAM periode berjalan lengkap dengan daftar lampiran yang diikut sertakan dalam RKAM tersebut. Dalam pengantar RKAM ini Anda perlu merubah Kop Madrasah, Nomor Agenda Surat, dan data-data lain sesuai dengan data madrasah Anda. 

Unduh Surat Pengantar RKAM


Dasar Ajuan RKAM

Dasar Ajuan RKAM berisi Proposal yang terdiri dari latar belakang, dasar ajuan, serta maksud dan tujuan. Pada file ini Anda juga dapat mengedit dan mengganti data sesuka hati sesuai dengan keinginan Anda terutama pada bagian Dasar Ajuan itu sendiri.      

Unduh Dasar Ajuan atau Proposal RKAM


Daftar Guru Satminkal 

Masukkan data guru Anda yang berstatus Satminkal ke dalam daftar ini, dalam daftar ini hanya berisi blangko kosong sehingga Anda tinggal mengetikkan data-data guru yang ada. Untuk lokasi, tanggal, nama madrasah dan nama kepala madrasah tetap diganti ya. 

Unduh Daftar Guru Satminkal


Surat Pernyataan Jumlah Siswa

Dalam surat ini Anda perlu mengganti Kop Surat dan data-data lain sesuai dengan data yang Anda miliki termasuk nama kepala madrasah dalam area tanda tangan kepala madrasah. 

Unduh Surat Pernyataan Jumlah Siswa


Daftar Siswa Penerima BOS

Isi dan lengkapi data yang dibutuhkan sesuai kelas atau rombel masing-masing, jika kelas kurang silahkan lakukan copy paste dengan menambahkan sheet baru. 

Unduh Daftar Siswa Penerima BOS


Form K-2 RKAM BOS

Dalam Form ini silahkan ganti dan masukan data pada cell sesuai data yang ada pada madarasah Anda, pada bagian sheet yang akan diisi dengan jumlah rupiah sebagian sudah ditambahkan dengan formula bagi yang ingin menggunakan silahkan dilanjut tetapi jika Anda ingin mengubah atau menghapusnya dipersilahkan sepenuhnya.  

Unduh Form K-2 BOS 

Demikian Rencana Kegiatan dan Anggaran Madrasah (RKAM) semoga dapat membantu bagi Anda yang membutuhkannya, sebagai catatan bahwa RKAM ini hanya sebagai contoh dan bukan satu-santunya acuan adapun dokumen yang benar adalah sesuai dengan ketentuan yang ada di Kabupaten/Kota masing-masing. Untuk lampiran-lampiran selain yang telah dibagikan di atas silahkan lengkapi dan lampirkan juga dalam RKAM tersebut, lampiran-lampiran itu seperti: Piagam Akreditasi, Piagam Ijin Operasional dan Foto Copy Nomor Rekening. 

Harap teliti dan hati-hati dalam mengisi data jangan sampai data yang ada pada contoh dan tidak sesuai dengan data yang ada pada madrasah Anda tetap tercantum, seperti: tanggal, nama madrasah, nama kepala madrasah dan lain-lain. 

Bila terdapat masalah terkait file yang telah dishare, seperti kesulitan download ataupun pengeditan hasil download silahkan menghubungi admin melalui Contact Us atau bisa juga melalui kolom komentar di bawah. 

Terima kasih dan tetap semangat. 

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com