.

Friday, September 16, 2016

Kumpulan Pertanyaan dan Jawaban Terbaik Seputar SIMPATIKA Bagian 1

tanya-simpatika

Soal 1 Komponen Pengembangan Diri

Saya mau bertanya kalau Pengembangan Diri (PD) itu contohnya komponennya apa saja ya?
Terus apakah Bimbingan Konseling juga merupakan bagian dari Pengembangan Diri ataukah masuk masuk ke dalam jam reguler?

Jawab 1
Pengembangan Diri (PD) tidak termasuk dalam Mata Pelajaran, adapun PD itu sendiri bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat dari tiap individu peserta didik tentunya dengan mempertimbangkan kondisi sekolah.
Sedangkan Bimbingan Konseling dalam Simpatika yang jamnya dihitung berdasarkan jumlah siswa yaitu Per 150 siswa setara dengan 24 JTM, BK sendiri bukan merupakan bagian dari Pengembangan Diri tetapi sebaliknya kegiatan Pengembangan Diri dilakukan melalui kegiatan pelayanan konseling tentunya berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan sosial, belajar, dan pengembangan karis dari peserta didik itu sendiri. 

Soal 2 Guru BK/TIK

Saya seorang guru TIK, kemudian Madrasah kami menggunakan 2 (dua) kurikulum: kelas VII menggunakan kurikulum 2013 sedangkan kelas VIII dan kelas IX menggunakan kurikulum KTSP. Untuk kelas VIII dan IX saya tidak menemui kendala dan jam saya sukses terhitung dalam tabel kelayakan tunjangan hanya saja untuk kelas VII saya bingung karena tidak ada pelajaran TIK dan ketika masuk ke pengaturan jadwal kelas pada pilihan Edit JJM Guru BK/TIK nama saya tidak muncul dalam daftar sebagai pilihan guru BK/TIK, mungkin Kang Doel punya solusinya?

Jawab 2
Terkait masalah yang Anda hadapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan: 
  • Pengaturan Jadwan Kelas Mingguan, di dalam Jadwal Kelas Mingguan TIK hanya berlaku dan dihitung jamnya pada kelas VIII dan IX saja sesuai kurikulum yang diterapkan Madrasah Anda. Adapun untuk kelas VII yang menggunakan Kurikulum 2013 pelajaran TIK sudah tidak ada lagi, itu artinya kelas ini sudah tidak bisa lagi menyumbangkan JTM kepada Anda. 
  • Edit Data Pokok Anda (Portofolio), silahkan Anda login PTK kemudian pada halaman PTK Anda pilih Karir pada group Porfolio dan kilik tab Fungsi & Jabatan, pada bagian Sebagai Pendidik (Guru) silahkan atur sesuai dengan data yang anda kehendaki pada bagian Pendidik (Guru) Mata Pelajaran ... dengan cara mengklik tombol segitiga kecil yang telah tersedia dan klik Edit jangan lupa simpan jika sudah selesai. (Perubahan dibagian ini mengakibatkan Anda harus mencetak S12, setelah S12 disetujui Admin Simpatika Kabupaten/Kota cek lagi pada pilihan Edit JJM Guru BK/TIK anda. Mudah-mudahan nama Anda sudah muncul, selamat mencoba. 

Soal 3 Kokurikuler dan Ekstrakurikuler

Mas Bro, gimana cara memasukan Kokurikuler dan Ekstrakurikuler ke dalam jadwal kelas mingguan? Terimakasih sebelumnya.

Jawab 3
Untuk Kokurikuler dan Ekstrakurikuler tidak perlu dimasukkan ke dalam jadwal kelas mingguan, tetapi akan langsung masuk ke S25a (verval keaktifan kolektif) dan SKBK sebagai jam tambahan atau ekuivalensi dengan catatan sudah diatur pada Dasbor Jadwal tepatnya di bagian pilihan Edit Ekuivalensi Kegiatan Pembelajaran dan Pembimbingan bagi Guru. Lebih Jelas silahkan akses ke SIMPATIKA, Alokasi (JTM) dan Pengelolaanya Lengkap Terbaru semoga bisa membantu. 

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com