.

Sunday, November 6, 2016

Cara Belajar Orang Pintar

Cara Belajar Orang Pintar

cara-belajar-efektif-dan-menjadi-pintar
sumber: mystupidtheory.com

Banyak orang mengira bahwa kemampuan mengusai pelajaran atau kecerdasan seseorang sudah bawaan sejak lahir. Namun sebenarnya pandangan tersebut amatlah keliru, sebenarnya kecerdasan menguasai materi pelajaran itu dapat ditingkatkan dengan proses belajar yang tepat dan efektif. Proses belajar yang kita lakukan setiap hari dan setiap waktu sangat berpengaruh terhadap naik dan turunya kecerdasan kita. 

Berikut beberapa cara belajar yang tepat dan efektif yang biasa diterapkan oleh orang-orang pintar untuk meningkatkan kemampuannya menguasai materi pelajaran, bila hal-hal berikut kita terapkan besar kemungkinan akan membuat kita menjadi pribadi yang pintar dengan tambahan kecerdasan yang lumayan. 

Bersumber dari beberapa artikel akan dicoba menuliskan ulang tentang bagaimana cara belajar orang-orang pintar.


Utamakan Paham Ketimbang Hapal

TIdak dipungkiri bahwa menghapal adalah salah satu cara belajar yang banyak dipergunakan oleh orang dan tidak larangan sedikitpun untuk menghapal materi yang kita pelajari, akan tetapi yang lebih penting adalah bagaimana kita bisa paham dan mengerti tentang apa yang telah kita hapalkan. 

Sebenarnya menghapal dengan memahami adalah dua hal yang saling mendukung, dari menghapal kita akan lebih mudah untuk paham dan sebaliknya dengan memahami suatu materi dengan sendirinya kita akan lebih mudah untuk menghapal materi tersebut. 

Permasalahannya adalah apabila kita hanya fokus pada hafalan saja, maka ruang lingkup kita tentang suatu materi pelajaran menjadi kaku dan sempit sebatas yang kita hafalkan. Sedangkan apabila kita paham dengan suatu materi maka kita akan dapat menguraikan dengan lebih luas materi yang telah dipelajari. 

Langkah terbaik adalah pahami garis besar materi pelajaran setelah itu usahakan untuk menghapal garis besar materi tersebut, setelah hapal tidak perlu 100% pahamilah materi tersebut lebih mendalam lagi tentunya dengan mempertimbangkan waktu yang ada. 


Jangan Pernah Bosan Untuk Membaca 

Pemahaman kita pada sebuah materi sangat dipengaruhi oleh bagaimana kita membacanya, semakin sering kita membaca materi maka akan semakin besar kemungkinan kita untuk dapat menguasai materi tersebut. 

Porsi membaca materi yang baik setidaknya dilakukan dua kali pada sebuah materi baru, yaitu sebelum dan sesudah materi itu dibahas oleh guru bersangkutan. Hal tersebut disebabkan oleh karena otak kita sudah mengolah materi minimal tiga kali sehingga besar kemungkinan materi tersebut akan cukup lama  tersimpan di otak kita. 


Membuat Catatan Intisari Pelajaran

Catatan pelajaran yang yang begitu banyak dan panjang akan membuat kita kesulitan untuk mengingatnya, walaupun sebenarnya sangat membantu dalam proses pemahaman materi. Tetapi dengan membuat catatan pokok-pokok materi atau kesimpulan dari setiap materi pelajaran yang telah dibaca ulang akan sangat membantu kita saat mengulang pelajaran selama ujian. 


Tentukan Beberapa Kata Kunci Untuk Dihapalkan

Sering kali kita dapati materi pelajaran yang harus kita hapal dengan volume yang tidak sedikit. Kita bisa mengakalinya dengan membuat daftar kata kunci yang akan mempermudah kita untuk menghapalkan materi tersebut. 

Cara ini akan cukup efektif pada cakupan materi yang lumayan banyak, sehingga ingatan kita akan lebih mudah memanggil materi tersebut ketika kita membutuhkannya. 


Memilih Waktu Belajar Yang Tepat

Waktu belajar paling tepat adalah ketika badan kita masih segar. Waktu belajar yang tepat berbeda-beda pada tiap orang akan tetapi pada umumnya saat-saat setelah istirahat adalah waktu yang paling tepat untuk berkonsentrasi penuh, seperti pada saat pagi hari atau setelah tidur siang. 

Setelah kita menemukan waktu nyaman kita untuk belajar sangat baik apabila waktu tersebut kita gunakan saat ini untuk mempelajari dan mengolah materi-materi baru. Energi yang tersisa dapat kita manfaatkan untuk mengulang pelajaran dan menyelesaikan pekerjaan rumah. 


Ciptakan Suasana Belajar Yang Nyaman

Suasana nyaman dalam belajar akan sangat membantu proses penyerapan materi pelajaran, suasana nyaman tersebut kadang datang dengan sendirinya tetapi sebenarnya ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menciptakan suasana belajar yang nyaman, seperti pindah tempat belajar atau mendengarkan sesuatu yang membuat perasaan kita nyaman dan dapat menikimati belajar.

Hal penting yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai kegiatan belajar kita terganggu apalagi sampai mengganggu pihak lain. 


Belajarlah Dengan Berkelompok 

Ada saatnya kita akan bosan belajar sendirian, bila hal itu terjadi kita bisa belajar bersama-sama dengan teman. Tidak perlu terlalu banyak anggota kelompok yang kita buat karena kelompok yang anggotanya terlalu banyak akan membuat proses belajar tidak efektif. 

Buat kelompok belajar yang anggotanya tidak lebih dari lima orang saja. Selanjutnya tentukan materi yang akan dipelajari oleh setiap anggota kelompok tersebut, setelah materi dikuasai maka setiap anggota kelompok tersebut secara bergantian menerangkan materi yang telah dipelajarinya kepada teman-teman yang lainnya. Cara seperti itu akan sangat membantu ketika kita mengalami kejenuhan karena terlalu lama belajar sendirian.  



Melatih Kemampuan Secara Mandiri 

Kemampuan kita dalam menguasai materi pelajaran dapat kita tingkatkan secara mandiri. misalnya dengan mencoba mengerjakan soal-soal yang ada pada setiap akhir bab, ataupun kita bisa membuat buku pintar yang berisi kumpulan soal-soal yang sesuai dengan materi yang telah sedang kita pelajari. 

Jika terdapat soal yang terlalu sulit menurut kita atau mungkin jawaban soal tidak diperoleh dalam materi yang ada di buku, cobalah menanyakan jawabannya ke teman atau bila perlu ke guru.


Memperdalam Pemahaman Materi Telah Dipelajari 

BIla kita telah beberapa kali mengulang materi dan telah menjawab semua soal latihan, ada baiknya jangan langsung menututup buku. Cobalah kita berpikir kritis seperti ilmuwan. Buatlah beberapa pertanyaan yang belum disertakan dalam soal latihan kemudian mintalah tolong kepada guru untuk menjawabnya.

Kalau belum puas dengan jawaban yang diperolah, coba cari jawaban lain pada buku referensi lain ataupun juga dari internet. Dengan cara ini kita akan termotivasi untuk selalu berpikir ke depan dan kritis. 


Luangkan Waktu Untuk Beristirahat

Bersemangant dalam belajar adalah sesuatu yang positif, akan tetapi sesuatu yang berlebih bukanlah hal yang baik. Jadi jangan lupa selalu luangkan waktu untuk istirahat karena setelah istirahat kondisi kita akan bugar kembali dan akan lebih mudah menguasai materi pelajaran. 

Ketika di sekolahan, setiap waktu jeda pelajaran gunakan untuk rileks, melemaskan badan dan merefresh pikiran. 

Ketika belajar di rumah setiap tiga perempat sampai satu jam (45-60 menit) waktu belajar ada baiknya selalu kita selingi dengan istirahat secukupnya. Hal itu disebaban bila pikiran sudah jenuh, maka memaksakan diri bukanlah cara yang baik. Dengan beristirahat badan menjadi segar dan otak pun siap menerima materi baru. 


Coba Menjelaskan Materi Yang Sudah Dipelajari 

Ulangan dan ujian yang diadakan di sekolah mempunyai tujuan untuk mengetahui atau mengukur sejauh mana pemahaman kita terhadap materi yang sudah dipelajari. Selain menjawab dan menyelesaikan soal-soal latihan, ada cara lain untuk mengetahui apakah kita sudah menguasai materi yang dipelajarai atau belum. 

Cara itu ialah dengan mencoba menjelaskan dengan kata-kata setiap materi yang sudah dipelajari, proses menjelaskan materi bisa sendirian atau bisa juga meminta bantuan teman untuk mendengar dan menyimak penjelasan kita dan akan lebih baik lagi jika saling bergantian menjelaskan serta mendengarkan materi dengan teman belajar kita. 

Kalau kita sudah bisa menjelaskan atau menerangkan isi dari materi tidak perlu detail yang penting jelas dan teratur itu artinya kita sudah dapat memahami materi yang kita pelajari.  

Demikianlah beberapa cara belajar yang biasa diterapkan oleh orang-orang pintar, dengan melakukan hal yang sama atau paling tidak hampir sama maka kita juga akan mendapatkan hasil yang tidak jauh beda bahkan mungkin lebih. 

Terima kasih telah menyimak postingan kali ini, semoga bermanfaat bagi kita semua. Sampai jumpa pada postingan yang lainnya.

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com