.

Friday, November 11, 2016

Arsip Soal UN SMA/MA Program Studi IPS

Arsip Soal UN SMA/MA Program Studi IPS


Ujian Nasional (UN) adalah sistem evaluasi standar pendidikan secara nasional dan persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan Depdiknas. Ujian Nasional dilakukan setiap 1 (satu) Tahun Sekali di akhir tahun pelajaran bersangkutan.

Selain sebagai evaluasi yang dilakukan secara nasional dan juga sebagai acuan persamaan mutu pendidikan antar daerah, Ujian Nasional juga merupakan syarat kelulusan untuk siswa SMP/MTs sederajat ataupun SMA/MA sederajat tentunya dengan standar dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

Nilai ujian yang tinggi memang bukanlah tujuan utama dalam proses pendidikan, akan tetapi nilai yang tinggi itu dapat dijadikan sebagai indikator sejauh mana keberhasilan sebuah proses pembelajaran di sekolah. 

Sebagai salah satu bentuk persiapan untuk menghadapi pelaksanaan Ujian Nasional adalah dengan menyelesaikan beberapa soal latihan Ujian Nasional di antara dapat memanfaatkan arsip-arsip soal Ujian Nasional padahal tahun-tahun sebelumnya. 

Mengapa kita perlu memanfaatkan Arsip Soal Ujian Nasional? ada beberapa alasan yang dapat menjawab pertanyaan tersebut, di antaranya yaitu: 

  • Bobot soal sudah terukur dengan baik, hal ini akan membuat kita mampu memprediksi kesulitan yang akan kita hadapi saat menghadapi Ujian Nasional dan bahkan kita juga dapat memperkirakan berapa nilai maksimal yang akan kita peroleh apabila soal Ujian Nasional nanti bobotnya sama atau hampir sama dengan Arsip Soal Ujian yang kita pelajari.  
  • Keakuratan soal dengan kisi-kisi Ujian Nasional dapat dipertanggungjawabkan, dari tahun satu ke tahun setelahnya kisi-kisi Ujian Nasional biasanya hampir tidak mengalami perubahan andaikan ada perubahan itupun tidak terlalu banyak sehingga jika Arsip Soal UN 2016 kita manfaatkan dari segi kisi-kisi sangat memungkinkan untuk terpenuhi keakuratannya. 
  • Arsip Soal UN adalah merupakan prediksi terbaik untuk menghadapi Ujian Nasional. Alasannya selain bobot yang terukur, keakuratan dengan kisi-kisi, hak cipta naskah adalah badan/lembaga yang sama sehingga sinkronisasi naskah soal yang telah terbit dan akan terbit lebih terjamin. 

Alasan-alasan di atas hanya merupakan beberapa contoh saja dan bukan tidak mungkin masih banyak lagi alasan-alasan lain yang menjadi sebab mengapa kita kita perlu memanfaatkan Arsip Soal Ujian Nasional. 

Berikut Arsip Soal UN untuk SMA/MA Program Studi IPS tahun pelajaran 2015/2016, silahkan diunduh sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Dowload Arsip Soal UN SMA/MA (IPS) Bahasa Indonesia 2014/2015

Dowload Arsip Soal UN SMA/MA (IPS) Geografi 2015/2016

Dowload Arsip Soal UN SMA/MA (IPS) Matematika 2015/2016

Dowload Arsip Soal UN SMA/MA (IPS) Sosiologi 2015/2016

Dowload Arsip Soal UN SMA/MA (IPS) Bahasa Inggris 2015/2016

Dowload Arsip Soal UN SMA/MA (IPS) Ekonomi 2015/2016

Demikianlah beberapa Arsip Soal UN SMA/MA yang dapat dibagikan semoga dapat membantu bagi yang membutuhkan. Kami sadar arsip yang disediakan masih sangatlah terbatas, mudah-mudahan di waktu mendatang koleksi Arsip Soal UN dapat semakin lengkap lagi sehingga pelaksanaan Ujian Nasional dapat membuahkan hasil sesuai dengan yang diharapkan.

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com