.

Sunday, August 14, 2016

Panduan Lengkap Setting Kurikulum di Simpatika

Kurikulum adalah hal yang mutlak dimiliki oleh setiap satuan pendidikan, fungsi kurikulum sangat kompleks baik bagi peserta didik, guru sebagai pendidik bahkan secara umum seluruh warga satuan pendidikan itu sendiri. Pengaturan kurikulum di Simpatika harus dilakukan dengan benar, agar pengolahan data dalam lingkup satuan pendidikan lebih efektif.

Untuk melakukan setting atau pengaturan Kurikukum di Simpatika yang diterapkan pada madrasah Anda, lakukanlah langkah-langkah sebagai berikut:


1.      Login dengan akun yang telah diberi kewenangan sebagai Operator Madrasah (sama dengan langkah-langkah Upload Data Siswa, perbedaanya terletak ketika sudah login dan masuk ke menu Sekolah).

Pengaturan Mata Pelajaran

2.     Pada menu Sekolah, pilih Tab Sekolah kemudian klik Kurikulum.
setting kurikulum di simpatika

3.    Selanjutnya, pada Dasbor Kurikulum pilih menu Daftar Mata Pelajaran.

4.   Berikut tampilan daftar Mata Pelajaran pada semester 1 tahun pelajaran 2016-2017. Sedikit berbeda dengan semester-semester sebelumnya, perbedaan itu terletak pada masih adanya pilihan kurikulum (KTSP atau Kurikulum 2013). Adapun untuk semester 1 tahun pelajaran 2016-2017 Kurikulum langsung ditentukan apakah KTSP ataukah Kurikulum 2013. Dalam panduan ini penulis menggunakan contoh Madrasah yang menerapkan Kurikulum KTSP.



5.      Lakukan sinkronisasi mata pelajaran dari kurikulum nasional ke dalam kurikulum yang diterapkan di Madrasah Anda, klik tombol Sinkronisasi Data.



6.     Pilih Tingkat Mata Pelajaran yang akan di sinkronisasi. Singkronisasi Mata Pelajaran digunakan untuk menyalin mata pelajaran yang sudah tercatat pada sistem. Periksa apakah daftar mata pelajaran yang disalin sudah sesuai dengan pilihan tingkat yang dipilih. Klik Lanjut jika sudah sesuai.


7.      Konfirmasi Mata Pelajaran, jika telah sesuai klik Simpan

8.      Berikut hasil dari sinkronisasi mata pelajaran dengan kurikulum nasional dan untuk menambah atau membuat mata pelajaran baru, klik tombol + seperti pada gambar.

9.      Pada jendela Tambah Mata Pelajaran Baru isi data mata pelajaran yang diinginkan, klik Simpan jika telah sesuai.

      Berikut hasil penambahan Mata Pelajaran baru tersebut :


Pengaturan Muatan Lokal

10. Setelah selesai melakukan pengaturan Mata Pelajaran, selanjutnya dapat melakukan pengaturan Muatan Lokal dengan cara kembali ke Dasbor Kurikulum dan pilih Daftar Muatan Lokal.

11. Selanjutnya klik tombol “+” untuk menambah Muatan Lokal. 

12. Pada jendela Tambah Muatan Lokal Baru lengkapi data sesuai dengan kebutuhan, setelah selesai klik tombol Simpan.



      Berikut tampilan Muatan Lokal Baru yang berhasil ditambahkan. 

13. Berikutnya jika Anda ingin menghapus Muatan Lokal baru, maka klik tombol segitiga kecil (Drop-Down Arrow Down) yang ada diujung muatan lokal, kemudian pilih Hapus Muatan Lokal.

Pengaturan Ekstrakurikuler

14.Tahap berikutnya adalah melakukan pengaturan Ekstrakurikuler, langkah ini diawali dengan kembali lagi ke Dasbor Kurikulum kemudian pilih Daftar Ekstrakurikuler.

15.Pada tampilan berikutnya, klik tombol “+” untuk menambah daftar ekstrakurikuler.  

16.Pada jendela Ekstrakurikuler Baru isikan data sesuai dengan ektrakuler yang dikehendaki, bila sudah selesai pengisian data kemudian klik Simpan. 

17. Penambahan Ekstrakulikuler telah selesai, berikut tampilan ekstrakurikuler yang ditambahkan. 

Demikian setting atau pengaturan kurikulum di Simpatika Kemenag, semoga bermanfaat. 

Baca juga : WowApp aplikasi TANPA MODAL pertama yang membayar penggunanya.

2 comments:

  1. saya sudah singkronisasi k13 kelas xi dan xii tapi dikelas x tdk bisa bertambah mapel ...mohon dishare

    ReplyDelete
  2. Coba hapus dulu kelas 10, kemudian buat kelas baru dengan kompetensi sosial ... jangan umum ... masukkan siswa ... pilih wali kelas. Terimakasih sudah berkunjung

    ReplyDelete

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com